Susu Formula Terbaik

Sebagai seorang ibu, apakah Anda merasa sering kebingungan memilih susu formula untuk bayi Anda? Ketika Anda bertanya kepada dokter, teman dekat, tetangga, saudara atau tante, pasti Anda mendapatkan jawaban yang sangat beragam mengenai susu formula terbaik. Bahkan, sering terjadi Anda malah bertambah bingung setelah meminta banyak saran.

Jawaban-jawaban beragam tersebut membuktikan bahwa tidak ada susu formula terbaik. Susu yang terbaik untuk bayi tetap adalah ASI (Air Susu Ibu), sampai sekarang belum ada susu bayi merk apapun yang mampu mendekati kualitas ASI. Harga susu bayi yang mahal bukan jaminan bahwa susu tersebut adalah susu formula terbaik.

Kandungan susu formula yang diiklankan di layar kaca yang menjelaskan tentang manfaat susu merk tertentu yang mampu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak secara ilmiah belum terbukti sepenuhnya benar. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkaji kandungan susu formula, dan belum ada yang terbukti sepenuhnya secara signifikan memiliki keterkaitan antara peningkatan kemampuan kecerdasan anak dengan konsumsi susu formula.

Susu formula yang baik untuk anak tertentu belum tentu sesuai dengan anak yang lain. Mengapa demikian? Karena setiap anak membutuhkan pemenuhan gizi yang berbeda-beda walaupun secara garis besar rata-rata anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang dari karbohidrat, lemak, mineral, protein, vitamin, dan air. Seperti contoh, AHA dan DHA yang dinilai sebagai nutrisi yang mampu meningkatkan perkembangan otak, ternyata susu formula yang memiliki kandungan AHA dan DHA lebih terbukti berfungsi dan memiliki pengaruh yang signifikan untuk bayi yang lahir prematur namun tidak memiliki efek apa-apa untuk bayi yang lahir secara normal.

Karena itu, jangan berpatokan pada iklan atau sugesti dari orang lain. Pahamilah kandungan susu formula yang akan dipilih, pahamilah kondisi anak, dan konsultasikan dengan dokter anak serta ahli gizi mengenai kebutuhan anak Anda. Berpedoman dari kebutuhan anak lah baru Anda bisa menentukan pilihan susu formula yang paling baik untuk sang anak tercinta.