Kandungan Susu Formula Bayi

Kandungan susu formula bayi dibuat menyerupai atau mendekati kandungan ASI (Air Susu Ibu), karena itu dipilih susu sapi atau susu soya. Kandungan utama susu formula bayi harus terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air. Selain itu ada komponen tambahan untuk memperkaya nilai gizi sebuah susu formula bayi, kandungan tambahan inilah yang membuat harga susu bayi terkadang berbeda-beda.

AHA atau DHA
Berfungsi membantu pembentukan mylenisasi (jaringan lemak otak) yang berpengaruh pada perkembangan saraf otak. Namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa AHA-DHA dalam susu formula bayi mampu meningkatkan kecerdasan bayi.

Beta Karoten, Selenium, Nukleotida dan Laktoferin
Kandungan gizi tersebut pada susu bayi untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Laktulosa
Kegunaan laktulosa pada susu bayi adalah membantu penyerapan zat gizi dan memperbaiki sistem pencernaan pada bayi.

Omega 6 dan Omega 3
Unsur di atas sering tercantum dalam kemasan susu formula sebagai asam linolenat dan asam alfa linolenat. Kegunaannya untuk mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

FOS (Fructo Oligo Sakarida) dan GOS (Galakto Oligo Sakarida)
Susu formula tertentu mengandung unsur ini, fungsi unsur tersebut adalah membantu meningkatkan jumlah flora usus, meningkatkan kekebalan tubuh dan membatasi pertumbuhan bakteri patogen.

Prebiotik dan Probiotik
Kandungan unsur ini pada susu formula bertujuan agar menghindari terjadinya sembelit pada bayi dan memperbaiki proses pencernaan bayi yang kurang sempurna.

Unsur-unsur gizi di atas merupakan tambahan kandungan susu formula, tanpa kandungan utama maka unsur-unsur tambahan tersebut tidak memiliki fungsi apa-apa. Karbohidrat, protein, lemak, mineral dan air merupakan unsur kandungan terpenting yang harus disediakan sebuah susu formula yang layak untuk dikonsumsi bagi bayi. Unsur-unsur tambahan di atas sebagian tetap masih bersifat kontroversial, karena kemampuan susu formula menyediakan nutrisi terbaik untuk bayi jelas tidak mampu menandingi kemampuan ASI.