Susu Formula atau ASI?

Pilihan memberikan susu bayi dapat menjadi sebuah dilema, khususnya bagi para Ibu muda. Apalagi, belakangan banyak susu formula berkualitas yang dipasarkan di masyarakat. Berikut perbandingan umum antara susu formula dan asi.

Perbandingan pertama adalah dari segi komposisi dari air susu ibu. Komposisi dari asi bisa berubah setiap waktu, sesuai dengan kebutuhan dari si bayi . Sejak pertama kali keluar, air susu ibu menghasilkan ‘kolostrum’ yaitu sumber protein yang sangat penting untuk bayi. Yang juga dihasilkan secara otomatis oleh air susu ibu adalah kadar lemak dan laktosa. Secara umum, komposisi yang dihasilkan oleh air susu ibu mampu tercerna dengan optimal, sehingga dapat membantu sistem pencernaan bayi yang belum terbentuk sempurna.

Apabila komposisi di atas dibandingkan dengan komposisi yang terdapat pada susu formula, tentunya tidak seimbang. Hal tersebut dikarenakan, komposisi pada susu formula tidak bisa berubah-ubah. Komposisinya akan sama setiap waktu, tergantung juga banyak frekuensi pemberian pada bayi.
Manfaat susu sebagai sumber kekebalan tubuh bagi bayi terdapat di dalam air susu ibu. Asi mengandung banyak sekali anti bodi yang akan membentuk sistem kekebalan tubuh pada bayi. Dengan memberikan air susu ibu secara ekslusif minimal enam bulan, bayi Anda akan mempunyai sistem imun yang bagus dan tidak akan mudah sakit.

Tentunya di dalam susu formula, hanya mengandung sedikit saja zat yang bisa membantu bayi membentuk sistem kekebalan tubuh secara otomatis dibandingkan asi. Maka dari itu, kadang-kadang bayi yang hanya minum susu formula akan lebih mudah terserang penyakit.

Di jaman sekarang susu bayi yang beredar di pasaran hanya mempunyai satu atau dua rasa yang berbeda. Sedangkan, asi mampu menghasilkan cita rasa yang jauh berbeda dengan rasa susu formula, tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh Ibu, dan tentu saja tidak monoton!

Semoga dengan perbandingan umum ini, Anda sebagai ibu mampu memilih secara bijaksana susu bayi jenis apa yang akan Anda berikan pada buah hati Anda.