Tips Memilih kereta bayi

Salah satu perlengkapan bayi yang dirasa sangat membantu dan dibutuhkan adalah kereta dorong bayi terutama saat membawa si kecil jalan-jalan. Hampir setiap orangtua memilih untuk membeli kereta bayi demi kenyamanan dan kemudahan. Kereta dorong bayi nyatanya mudah ditemukan dan dapat dibeli di toko perlengkapan bayi. Tips pertama memilih kereta bayi adalah membeli di toko perlengkapan bayi yang terkenal dan memiliki reputasi baik. Hal ini akan lebih menjamin kualitas kereta yang akan dibeli dan memudahkan mendapat garansi.

Saat sampai di toko perlengkapan bayi, pilihlah kereta dorong bayi yang praktis dan mudah dilipat sehingga mudah dibawa kemanapun. Jangan pilih yang terlalu berat, berat 8 kg dirasa cukup ideal untuk ukuran kereta dorong bayi. Tips memilih kereta bayi berikutnya adalah cobalah mendorong kereta tersebut. Pilihlah kereta yang enak didorong dengan pegangan kereta tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi sehingga pendorong kereta tidak cepat merasa lelah dan terhindar dari cedera punggung dan pinggang.

Hal terpenting dalam memilih kereta bayi adalah sisi keamanannya. Salah satu komponen keamanan adalah sabuk pengaman. Pilihlah kereta dorong bayi yang memiliki minimal 3 sabuk pengaman kecuali jika anak terlalu aktif maka 5 sabuk pengaman bisa menjadi pilihan. Sabuk pengaman juga harus dicoba bisa terikat dengan kuat di bingkai keretanya dan mudah dipasang. Selain sabuk pengaman, rem juga menjadi komponen yang penting menentukan keamanan bayi. Sebaiknya hindari kereta yang direm dengan cara menekan bagian roda atau rem yang memakai papan besi karena lebih berbahaya. Sebaiknya pula bagian roda kereta bisa dikunci dengan rem sehingga kereta tidak berjalan sendiri saat diam.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih kereta bayi seperti roda sebaiknya bisa berputar ke segala arah dan tidak hanya maju mundur saja untuk mempermudah pergerakan. Selain itu, ban roda juga harus mudah untuk dipompa. Kursi untuk bayi sebaiknya tidak terlalu rendah karena bisa mengenai lantai saat beban bayi makin bertambah. Pada akhirnya yang terpenting dalam memilih kereta bayi adalah faktor keamanan dan kenyamanan. Oleh karena itu, jangan tergoda dengan model kereta yang tampil cantik dan elegan, tetap utamakan keamanan bayi tercinta.