Tips untuk Minggu Pertama Anda dengan Bayi

Lahirnya seorang bayi ke dunia merupakan akhir dari penantian selama lebih dari 9 bulan, namun sekaligus awal dari rutinitas baru bersama buah hati. Pada minggu pertama, hampir tiap orang tua khususnya ibu akan mengalami kerepotan mengurus bayi baru lahir apalagi yang baru pertama kali memiliki anak.

Merawat bayi baru lahir harus dengan ilmu dan tidak boleh asal-asalan. Ada baiknya Anda bertanya pada orang yang lebih berpengalaman merawat bayi baru lahir. Kegiatan minggu pertama dengan bayi merupakan saat-saat penting bagi Anda untuk menemukan irama rutinitas yang cocok bagi Anda dan bayi Anda.

Sekedar memberi informasi bagi Anda sebagai ibu muda yang memiliki bayi baru lahir, berikut ini beberapa tips kegiatan minggu pertama dengan bayi:

  1. Memandikan bayi baru lahir. Jika Anda melahirkan bayi anda secara normal, maka memungkinkan Anda untuk memandikan bayi sendiri apalagi jika Anda tidak ditemani orang tua atau kerabat yang bisa membantu. Namun Anda harus berhati-hati saat memandikan bayi, usahakan memandikan bayi dengan posisi berdiri untuk mengurangi resiko sakit pada luka pasca melahirkan.
  2. Merawat tali pusar bayi baru lahir. Anda jangan takut atau jijik saat merawat tali pusar. Cukup Anda bungkus dengan kasa steril tanpa memberinya alkohol atau yang lainnya. Dalam waktu 5-7 hari biasanya tali pusar akan lepas. Selama tali pusar belum lepas, jagalah jangan sampai terkontaminasi air kencing bayi atau kotoran.
  3. Menyusui bayi. Pertama kali menyusui bayi baru lahir sangatlah menyakitkan bagi sebagian ibu. Lidah bayi yang kasar seringkali melukai puting ibu sehingga sang ibu merasakan kesakitan. Sebagian ibu menyusui bahkan menangis saat-saat pertama menyusui, namun hal ini tidaklah berlangsung lama. Anda harus rajin membersihkan puting Anda bahkan sebelum bayi Anda lahir. Hal ini bertujuan supaya saluran ASI tidak tersumbat oleh kotoran. Selain itu payudara perlu dipijat-pijat memutar supaya peredaran darah lancar. Susuilah bayi Anda dengan kedua payudara secara berganti-ganti.
  4. Rajinlah mandi dan keramas. Minimal mandi 2 kali dalam sehari, jika Anda merasa gerah maka boleh lebih karena biasanya ibu yang baru saja melahirkan akan merasa gerah. Dengan mandi dan keramas tubuh Anda akan terasa segar, peredaran darah lancar, dan bayi pun juga akan merasa senang karena ASI lebih lancar.
  5. Cukup istirahat. Saat melahirkan, ibu mengeluarkan energi yang sangat besar sehingga butuh istirahat yang cukup setelahnya. Namun kehadiran seorang bayi, tentu menyita waktu Anda sehingga seringkali Anda kurang istirahat. Oleh karena itu saat bayi Anda tidur, gunakan waktu tersebut untuk istirahat juga karena Anda akan kurang tidur di malam hari. Bekerjasamalah dengan suami dalam merawat bayi baru lahir.

Demikianlah beberapa tips kegiatan minggu pertama dengan bayi, semoga bisa membantu Anda menemukan cara yang pas merawat bayi baru lahir.