Ciri-ciri bayi yang mengalami gangguan jin/makhluk halus

Jin merupakan makhluk ciptaan Allah yang ghoib atau tidak tampak atau orang sering menyebutnya dengan makhluk halus. Sebagai makhluk halus tentu saja kita sebagai manusia tidak dapat melihat mereka meskipun mereka berkeliaran di sekitar kita dan dapat melihat kita. Sebagaimana manusia, jin ada yang baik dan beriman kepada Allah dan ada pula yang jahat (kita sering menyebutnya dengan iblis atau setan).

Iblis memusuhi manusia sejak zaman nabi Adam, dan iblis berjanji akan mengganggu dan menyesatkan anak cucu Adam. Usaha iblis menyakiti manusia dimulai sejak anak adam dilahirkan di dunia. Anak bayi yang baru lahir masih dalam keadaan yang lemah dan tak berdaya, sehingga anak bayi menjadi sasaran empuk bagi jin untuk mengganggu.

Banyak orangtua tidak tahu ciri-ciri bayi diganggu jin karena kadang-kadang anak bayi tidak menunjukkan tanda yang spesifik. Sering kali orangtua kebingungan jika anak bayi rewel dan menangis tidak henti-henti padahal tidak lapar, tidak haus, dan tidak sakit. Padahal bisa jadi anak bayi yang rewel seperti itu karena bayi diganggu setan. Sehingga mereka kurang tepat dalam menangani anak bayi yang seperti itu. Oleh karena itu hendaknya orangtua mengetahui ciri-ciri bayi diganggu jin supaya mereka tahu apa yang seharusnya dilakukan terhadap bayi mereka. Namun sebelum mencurigai bahwa bayi diganggu jin, maka kita harus memastikan bahwa bayi kita menangis bukan karena lapar, haus, sakit, BAB, mengompol, atau mengantuk. Berikut ini beberapa ciri-ciri bayi diganggu setan:

  1. Anak bayi menangis terus-menerus sambil menghentak-hentakkan kaki dan badannya seperti ada yang membuatnya takut atau tidak nyaman. Biasanya ini terjadi secara tiba-tiba padahal sebelumnya tidak apa-apa.
  2. Anak bayi menangis dan ketakutan jika melihat ke suatu tempat misalnya sudut rumah atau yang lainnya. Kadang-kadang jin menampakkan dirinya pada bayi sehingga bayi akan ketakutan.
  3. Kadang-kadang jin mengganggu anak bayi dengan suara yang juga bisa membuat bayi menangis.
  4. Tangisan bayi sulit untuk dihentikan meskipun diberi ASI dan digendong.
  5. Yang paling ekstrim dan jahat adalah menyakiti bayi dengan sihir. Ini biasanya dilakukan oleh dukun-dukun jahat yang dibantu oleh setan dengan tujuan tertentu. Sehingga kita melihat hal-hal aneh terjadi pada bayi misalnya adanya benda-benda asing pada tubuh bayi yang sebelumnya tidak ada. Cara ini sangat sering dilakukan oleh dukun atau tukang sihir.

Jika anak bayi menunjukkan gejala-gejala bayi diganggu setan, maka yang harus dilakukan oleh orangtua adalah berdoa kepada Allah meminta perlindungan dari-Nya supaya gangguan tersebut hilang. Selain itu juga doa sebelum hal itu terjadi yaitu dengan doa-doa yang telah diajarkan oleh Nabi misalnya rajin membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas, dan ayat Kursi tiap pagi dan sore. Upaya pencegahan lain untuk menghindari bayi diganggu jin adalah tidak membawa anak bayi keluar rumah setelah matahari terbenam serta menutup pintu dan jendela dengan membaca basmalah karena setan mulai berkeliaran di waktu tersebut.