Cara Terbaik Menyikat Gigi Bayi Untuk Gigi Yang Baru Tumbuh

Pada usia enam bulan, biasanya bayi tumbuh gigi. Walaupun baru tumbuh gigi, gigi bayi tetap harus dibersihkan. Apalagi jika si bayi sudah mendapatkan makanan tambahan bayi selain susu yang bisa menyebabkan giginya kotor dengan sisa-sisa makanan tadi. Membersihkan gigi bayi penting untuk menjaga kesehatan si buah hati.

Salah satu cara membersihkannya adalah dengan menyikat gigi bayi. Karena bayi tumbuh gigi masih baru, maka diperlukan cara menyikat gigi bayi yang khusus untuk si buah hati. Cara menyikat gigi bayi ini perlu diperhatikan karena gigi dan gusi bayi masih lemah, belum sekuat gigi anak-anak atau orang dewasa.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai cara menyikat gigi bayi ini. Hal-hal ini terkait cara menyikat gigi bayi yang benar dari sisi kesehatan yang banyak dianjurkan dokter anak. Hal-hal yang dimaksud adalah:

  1. Ketika bayi tumbuh gigi masih baru, cara menyikat gigi bayi janganlah langsung menggunakan sikat gigi. Gunakanlah kain kasa atau waslap basah yang digosokkan ke gigi-gigi si bayi. Air yang digunakan untuk membasahi kain kasa atau waslap itu sebaiknya air hangat. Gosokkanlah dengan lembut dan perlahan. Penggunaan kain kasa atau waslap ini untuk menjaga agar gigi dan gusi bayi yang masih lemah tidak rusak.
  2. Cara menyikat gigi bayi di atas harus dilakukan dengan posisi sang ibu duduk sambil memangku si bayi dengan tangan kiri. Tangan kanan sang ibu yang membersihkan gigi-gigi bayi dengan kain kasa atau waslap basah tadi.
  3. Setelah bayi tumbuh gigi lebih dari dua bulan, menyikat gigi bayi sudah boleh menggunakan sikat. Yang harus diperhatikan, gunakanlah sikat gigi yang berukuran kecil dengan bulu-bulu yang lembut. Lebih baik lagi jika menggunakan sikat gigi kecil khusus bayi yang terbuat dari karet lunak yang tidak mengandung toksin (zat racun). Sikat gigi karet ini sekarang sudah banyak yang buatan lokal dengan harga yang terjangkau. Bisa dibeli di apotek atau supermarket.
  4. Posisi ibu dan bayi pada cara menyikat gigi bayi poin 3 ini sama dengan cara menyikat dengan kain kasa atau waslap tadi.
  5. Menyikat gigi bayi ketika bayi sudah tumbuh gigi lebih dari dua bulan, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, saat sebelum tidur dan setelah makan atau minum susu baik itu ASI ataupun susu formula di pagi hari.