Manfaat Susu Bagi Bayi dan Orang Dewasa

Kita sudah tidak sangsi akan manfaat susu bagi kesehatan. Susu merupakan suplier terbesar kalsium yang dibutuhkan tulang selama masa pertumbuhan. Tidak hanya kalsium, berbagai zat seperti fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat, semua tersedia dalam susu. Betapa bermanfaatnya susu, karena hanya dari cairan putih itu saja kita bisa mendapatkan semua manfaat yang kita butuhkan dari makanan. Bahkan dengan imbalan rasa yang nikmat serta sehat, tidak seperti mengkonsumsi pil-pil atau vitamin buatan pabrik yang mempunyai efek samping pada ginjal.

Susu juga merupakan makanan yang mudah dicerna sehingga cocok bagi bayi. Usus bayi masih rawan, kalau diberikan makanan berat akan mengalami komplikasi dan malah rusak. Untuk itu sangat dianjurkan untuk memberikan susu secara rutin bagi bayi, selain untuk pertumbuhan itu juga bagus untuk kesehatan tubuh serta organ dalam tubuhnya. Namun karena usus bayi tidak seperti usus dewasa, maka produk susu bayi dihadirkan secara terpisah.

Susu yang umum diminum oleh orang dewasa adalah susu sapi. Susu sapi dipercaya memiliki komposisi yang sempurna untuk disebut minuman dewa karena manfaatnya yang luar biasa. Dengan kemajuan teknologi, rasa susu yang kadang amis juga sudah dirubah menjadi berbagai varian rasa seperti coklat, stroberi atau bahkan vanila. Selain itu kini hadir susu kedelai yang sama sekali tidak amis. Hal ini membuat konsumsi susu masyarakat semakin besar.

Kita sudah tahu berbagai manfaat susu bagi tulang serta juga gigi, padahal bukan hanya sebatas itu. Bagi wanita, perawatan tubuh adalah hal yang penting. Jika kita perhatikan, banyak produk kecantikan itu yang menggunakan susu sebagai bahan dasar. Bahkan kita tidak asing dengan istilah susu pembersih, padahal produk itu bahan dasarnya bukanlah dari susu namun manfaatnya sudah seperti susu. Susu bisa menghaluskan kulit sehingga banyak dipakai sebagai lulur ataupun masker. Bukan hanya itu, berkat sifatnya yang mengikat logam-logam berat, susu bisa digunakan untuk mengatasi keracunan. Banyak orang dianjurkan untuk minum susu jika terlanjur mengkonsumsi zat-zat berbahaya yang walaupun sifatnya itu, orang tidak dianjurkan untuk minum obat bersamaan dengan susu.