Kumpulan Resep Makanan Pendamping ASI

Makanan yang paling baik dan paling utama bagi bayi adalah air susu ibunya, karena di dalam ASI terkandung gizi yang sempurna bagi pertumbuhan bayi sehat. Saat bayi berusia 0-6 bulan, maka bayi cukup diberi ASI saja tanpa butuh makanan yang lain. Bayi sudah mulai bisa diberi makanan pendamping asi jika sudah berusia 6 bulan itupun harus perlahan-lahan. Makanan pendamping asi ini tidaklah menggantikan asi, tetapi sebagai makanan tambahan karena kebutuhan nutrisi bayi semakin bertambah serta sistem pencernaannya sudah siap menerima makanan.

Untuk bayi yang baru menginjak usia 6 bulan, maka makanan pendamping asi yang awal mula diberikan adalah makanan yang lunak. Semakin bertambah usianya dan mulai tumbuh giginya, maka makanan bayipun semakin bervariasi. Salah satu faktor penting dalam pertumbuhan bayi sehat adalah makanan dengan kandungan gizi yang lengkap. Nutrisi yang dibutuhkan bayi sama seperti yang dibutuhkan orang dewasa, tetapi jumahnya lebih sedikit. Namun pemberian makanan pendamping asi pun tidak boleh berlebihan karena kelebihan nutrisi juga berdampak tidak baik bagi kesehatan bayi. Berikut ini beberapa resep makanan bayi yang bisa dijadikan referensi dalam membuat makanan pendamping asi.

  1. Satu buah pisang yang sudah matang dikerok halus (jangan ditumbuk supaya rasa pisang tetap segar) lalu berikan pada bayi. Untuk menambah nilai gizinya, kerokan pisang tersebut ditambah dengan beberapa sendok air susu ibu dan satu sendok makan madu.
  2. Kukus satu butir kentang berukuran sedang dan masih bagus lalu lumatkan seperti akan membuat perkedel. Setelah kentang halus tambahkan satu sendok makan madu dan beberapa sendok air susu ibu sampai makanan tidak terlalu padat.
  3. Buat nasi tim dari beras merah (bisa juga dengan beras putih). Masukkan hati ayam kampung, wortel, dan kembang kol, masak hingga semuanya lunak. Beri sedikit gula dan garam supaya rasanya enak. Setelah matang saring nasi tim lengkap dengan lauk dan sayur tadi dengan saringan kawat sambil ditekan-tekan, sehingga didapatkan makanan yang cukup halus untuk bayi. Jika bayi sudah tumbuh giginya, maka hati ayam dan sayur cukup diris kecil-kecil saja.
  4. Buat nasi tim dicampur dengan jagung manis dan irisan bayam. Jika bayi belum memiliki gigi, jagung manis sebaiknya diblender dahulu. Untuk protein hewani bisa mengunakan ikan tuna atau ikan lainnya yang dikukus hingga matang dan lunak (duri ikan harus sudah dibuang semua). Ikan jangan dimasak bersama dengan nasi karena akan berbau amis, sebagian bayi mual dengan bau amis dan biasanya akan muntah. Tambahkan keju untuk memberi rasa gurih pada makanan.
  5. Rebus makaroni bersama dengan wortel, brokoli, dan tomat yang diiris kecil-kecil hingga matang dan lunak. Lalu masukkan satu butir telur ayam kampung dan aduk rata. Setelah matang haluskan makaroni dan sayuran, lalu tambahkan beberapa sendok makan air susu ibu dan madu.

Resep makanan bayi ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kreatifitas ibu, misalnya mengganti sayuran atau lauknya. Yang utama dalam memberikan makanan pendamping asi adalah memperhatikan masalah gizi, kebersihan, dan jumlah yang tepat. Karena pertumbuhan bayi sehat membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang.